Mengenal dan Memahami Makna Trilogi Universitas Nusa Putra

 Assalamualaikum Wr.Wb. Hallo semua!! perkenalkan nama saya Muhammad Ardhi Septian dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra. Dalam blog ini saya akan mengenalkan tentang apa makna dari trilogi Nusa Putra agar dapat dipahami dan di realisasikan oleh seluruh mahasiswa/mahasiswi. Selain mengenalkan makna dari trilogi saya juga akan membagikan pengalaman saya sebagai mahasiswa Universitas Nusa Putra yang menerapkan Trilogi Nusa Putra di lingkungan kampus.



    Universitas Nusa Putra merupakan perguruan tinggi yang berpikir global yang bertujuan untuk menciptakan manusia yang cerdas, kreatif, inovatif serta religius yang tangguh untuk masa depan dunia yang lebih baik. Universitas Nusa Putra memiliki nilai nilai luhur yang di sebut dengan trilogi Nusa Putra. Dalam perkembangannya universitas Nusa putra tidak lepas dari nilai nilai luhur yang harus di pegang teguh dan di junjung tinggi oleh semua insan di Nusa Putra. Nilai nilai luhur tersebut ialah Amour deus, Amor Parentium dan Amor Conservice. Berikut merupakan penjelasan dari trilogi tersebut :

1. Amor Deus ( Cinta kasih Tuhan )

    Cinta kasih kepada Tuhan atau Amor Deus merupakan nilai nilai luhur kita kepada Tuhan , Sebagai anugerah cahaya insan nusa putra untuk menjalankan syariat agama. Beragama merupakan kebutuhan dan cinta kita kepada Tuhan, bukan lagi kewajiban. Maka dari itu sebagai seorang yang beragama saya dapat menjungjung tinggi Amour Deus ini karena sudah seharusnya sebagai umat beragama kita mematuhi dan menjalani aturan sesuai syariat agama. Cinta kepada tentu tidak cukup dengan hanya mengatakan cinta kepada Tuhan, tapi kita juga harus beribadah. 

    Karena saya adalah seorang muslim jadi untuk mengimplementasikan nilai cinta kasih Tuhan  adalah dengan mejalankan shalat, mejalankan puasa ,mengaji dan tentunya menuntut ilmu agama. Dalam menuntut ilmu agama islam ini saya belajar ilmu agama, seperti mengaji, belajar ilmu fiqih dan kegiatan agama lainya. 



 2. Amor Parentium ( Cinta Kasih Orang Tua )

    Seperti yang dikutip di Profil Universitas Nusa Putra, cinta kasih orang tua dapat di artikan sebagai kekuatan insan Nusa Putra untuk menjaga ajaran dan nilai nilai luhur Rosul, leluhur, kedua orang tua dan guru guru kita serta orang orang shaleh sebelum kita. Dari penjelasan di atas kita dapat mengambil poin orang tua, cinta kasih kepada orang tua adalah kewajiban bagi seorang anak kepada orang tua nya, kita harus menjaga, merawat dan menyayangi orang tua, dengan begitu orang tua akan menjadi kekuatan bagi kita untuk menuju masa depan kita. Cinta kasih pada orang tua tentunya tidak cukup hanya dengan kata kata namun juga harus dengan perkataan dan perbuatan.

    Dalam nilai cinta kasih kita dapat mengimplementasikan rasa cinta kita dengan perkataan seperti berbicara sopan, lemah lembut, tidak berbicara kasar dan kita juga dapat mengimplementasikan dengan perbuatan yaitu seperti berlaku terpuji, baik, tidak kasar, berlaku sopan, membantu, dan merawat orang tua dengan sepenuh hati. 


3. Amor Conservis ( Cinta Kasih Sesama )

    Nilai yang terakhir dari trilogi Nusa Putra yaitu cinta kasih sesama , dalam profil Nusa Puta cinta kasih sesama adalah sebagai pengikat Insan Nusa Putra untuk menjalani hidup berdampingan secara damai dalam menyikapi setiap perbedaan karena Tuhan berkehendak atas adanya perbedaan itu sendiri. Sebagai umat muslim kita harus mempunyai sikap toleransi yang tinggi apalagi terhadap perbedaan baik perbedaan suku dan budaya atau agama, agama mengajarkan agar sesama manusia harus saling menyayangi dan menghargai. Beberapa ulama atau ahli agama pun menyarankan kita sebagai umat bergama harus saling menghotmati dan menghargai dalam perbedaan .

    Dari trilogi ini saya mengiplementasikan di lingkungan saya seperti saat di kampus dan tempat lainya. Saya akan selalu menghargai dan menghormati perbedaan yang terdapat di lingkungan saya, dan saya juga selalu mencintai dan menyayangi orang orang dilingkungan saya contohnya seperti kepada teman sekelas , karena kita akan terus bersama sama dalam menggapai tujuan bersama yaitu lulus dari perguruan tinggi. Selain itu saya juga akan selalu membantu teman-teman ketika sedang perlu bantuan, saya akan membantu dengan semampunya.

https://nusaputra.ac.id/tentang/nilai-nilai-luhur/


Teknik Informatika 20 C







Komentar